Boros (Isrâf) dan Mubadzir (Tabdzîr)

Boros (Isrâf) dan Mubadzir (Tabdzîr Sebagian orang memandang bahwa berinfaq dalam jumlah banyak adalah tercela, begitu juga banyak belanja untuk perkara yang tidak terlalu penting, seperti sudah punya satu buah handphone maka tidak boleh membeli satu atau dua buah lagi. Mereka berdalil dengan firman Allah Ta’ala: وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا، إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ “…… Read More »

Pemakan Riba Kekal di Neraka

PEMAKAN RIBA KEKAL DI NERAKA? . Tanya: Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuhu. Apakah orang yang memakan riba kekal di neraka Jahannam ataukah tidak? Seperti yang ada di buku Taysîr fî Ushul at-Tafsîr surat al-Baqarah ayat 275. (Adi Victoria, Samarinda – Indonesia) Jawaban oleh: Syekh Atha’ bin Khalil Abu ar-Rasytah Wa’alaikum as-salam wa rahmatullah wa… Read More »

Kehidupan Ekonomi dalam Daulah Khilafah

Kehidupan Ekonomi Dalam Daulah Khilafah KEHIDUPAN EKONOMI DALAM DAULAH KHILAFAH Oleh: Muhammad Riza Rosadi Muqadimah Keberadaan daulah khilafah Islamiyah adalah dalam rangka melanjutkan kembali kehidupan Islam serta menjadikan manusia hidup dengan Islam, yakni dengan menjadikan pemikiran dan hukum-hukum Islam sebagai pedoman dalam seluruh aspek kehidupan mereka. Daulah khilafah akan menerapkan Islam bagi seluruh rakyat dalam… Read More »

Politik Perburuhan Dalam Islam

Pendahuluan Hampir di semua negara saat ini, problem ketenagakerjaan atau perburuhan selalu tumbuh dan berkembang, baik di negara maju maupun berkembang, baik yang menerapkan ideologi kapitalisme maupun sosialisme. Hal itu terlihat dari adanya departemen yang mengurusi ketenagakerjaan pada setiap kabinet yang dibentuk. Hanya saja realitas tiap negara memberikan beragam problem riil sehingga terkadang memunculkan berbagai… Read More »

Hukum Giveaway

*HUKUM GIVEAWAY* *OLEH : KH. M. SHIDDIQ AL JAWI* *Tanya :* Ustadz, mohon dijelaskan hokum giveaway yang marak di dunia maya atau di sosmed? (Mas Panji, Jogja) *Jawab :* Giveaway adalah hadiah tertentu yang dijanjikan oleh pemberi giveaway kepada para peserta giveaway jika mereka dapat memenuhi syarat-syarat tertentu, misalnya memberi like, comment, share, atau berlangganan… Read More »

Bagaimana Mengubah Mata Uang ke Dinar-Dirham

Bagaimana Mengubah Mata Uang ke Dinar-Dirham? 07 Dec 2008 Bagaimana langkah praktis mengubah mata uang yang ada di negeri-negeri Muslim menjadi mata uang dinar atau dirham? Jawab: Sebelum menjawab secara praktis pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita mengenal lebih dulu apa yang disebut dengan dinar dan dirham syar‘î dan konsep umum tentang mata uang yang beredar… Read More »

Sistem Penganggaran dalam Negara Khilafah

Sistem Penganggaran dalam Negara Khilafah Oleh: KH afidz Abdurrahman Dalam sejarah perjalanan bangsa Amerika sangat akrab dengan shutdown (pemberhentian sementara sebagian fungsi pemerintahan karena ada permasalahan anggaran). Shutdown sudah berulang sebanyak 17 kali, terakhir shutdown terjadi di masa pemerintahan Clinton 1995/1966 (17 tahun yang lalu). Shutdown itu lahir lebih dikarenakan pertarungan politik kepentingan antara Demokrat… Read More »

Pajak

PAJAK Oleh: KH Hafidz Abdurrahman, MA Istilah pajak, dalam fikih Islam, dikenal dengan dharîbah. Al-‘Allamah Syaikh Rawwas Qal’ah Jie menyebutnya dengan, “Apa yang ditetapkan sebagai kewajiban atas harta maupun orang di luar kewajiban syara’.” [Mu’jam Lughat al-Fuqaha’, hal. 256]. Sedangkan al-‘Allamah Syaikh ‘Abdul Qadim Zallum, mendefinisikannya dengan, “harta yang diwajibkan Allah kepada kaum Muslim untuk… Read More »

Hukum MLM (Multi Level Marketing)

Bisnis MLM menggunakan sistem layaknya piramida atau berjenjang melalui jaringan distribusi yang dibangun dengan memposisikan pelanggan atau upline maupun downline sebagai tenaga pemasaran produk dari perusahaan MLM tersebut. Untuk menjadi keanggotaan MLM, seseorang biasanya diharuskan mengisi formulir dan membayar uang dalam jumlah Pembayaran dan pembelian produk tersebut sebagai syarat untuk mendapatkan point tertentu. Biasanya produk… Read More »

Category: MLM

Batas Maksimal Laba Perdagangan

BATAS MAKSIMAL LABA PERDAGANGAN Tanya : Ustadz, apakah dalam syariah Islam ada batas maksimal laba dalam perdagangan, misalnya 30 persen atau 100 persen? Muhammad, Bogor Jawab : Yang dimaksud dengan “laba” (ar ribhu, profit) adalah tambahan dana yang diperoleh sebagai kelebihan dari beban biaya produksi atau modal. (Rawwas Qal’ah Jie, Mu’jam Lughah Al Fuqaha, hlm.… Read More »